Gambar.1 Menu di
Outlet Bakso Selera Rasa (kiri)
Gambar.2 Outlet
Bakso Selera Rasa Simo Pusat (kanan)
A. Deskripsi Usaha
Bakso Selera Rasa (disingkat: SERA) merupakan tempat
kuliner yang menyuguhkan bakso dengan bentuk-bentuk unik dan ukuran yang super
besar dan ekstra pedas sehingga cocok untuk memanjakan lidah bagi penyuka
pedas.
Bakso Selera Rasa ini merupakan sebuah gagasan ide
wirausaha kreatif dari Ibu Sudarmi dan anaknya, Sugiyanto. Ide kreatifnya
dituangkan dalam sebuah kegiatan kewirausahaan yang sudah 3 tahun sudah
dijalaninya. Selain memiliki bentuk yang unik, Bakso Sera ini memiliki
nama-nama bakso yang unik dan antimainstream seperti bakso selimut
tetangga, kawah merapi, bakso tumpeng monster, bakso rusuk iga, bakso cinta,
bakso tumpeng merapi, hingga bakso kuburan mantan. Rumah makan ini sempat viral
di media sosial dan didatangi oleh para food-vlogger dan youtuber
terkenal seperti Farida Nurhan dan Anne Silenna karena bakso tumpeng merapi dan
bakso kuburan mantan.
B. Analisa Pasar
1. Strategi
a. Segmentasi
Ø Faktor Geografis
Dari faktor geografis lokasi dari Bakso Sera di
Boyolali terdapat 1 outlet pusat dan 2 outlet cabang di Kabupaten Boyolali
yaitu :
1) Bakso Selera Rasa Simo
Pusat : Jl. Bangak - Simo, Kebayanan 3, Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten
Boyolali.
2) Bakso Selera Rasa Sambi
: Tempursari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.
3) Bakso Selera Rasa Simo
Cabang : Karangjati, Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali
(Perempatan sebelum menuju Obyek Wisata Lembah Gunung Madu, Simo)
Berdasarkan lokasi outlet Bakso Selera Rasa ini dapat
disimpulkan bahwa segmentasi pasar pada segi geografis memiliki segmentasi
pasar yang baik dalam membangun usaha ini. Selain itu wilayah untuk pendirian
usaha merupakan wilayah jalur perjalanan utama menuju ke Boyolali Kota,
Kabupaten Sragen, Kabupaten Purwodadi, dan Kabupaten Grobogan.
Ø Faktor Demografik
Segmentasi berdasarkan demografik dilihat dari
karakteristik konsumen Bakso Selera Rasa sejauh ini masih terbatas oleh umur
yaitu >12 tahun ke atas dan hanya kalangan penggemar pedas saja dikarenakan
cita rasa “pedas gila” yang merupakan ciri khas Bakso Selera Rasa ini membuat
penikmat makanan ini dapat dikatakan masih terbatas. Konsumen Bakso Selera Rasa
bahkan tidak hanya dari penduduk asli Boyolali, melainkan dapat juga dari
pelaku perjalanan yang melewati outlet ini.
Ø Faktor Psikografik
Untuk faktor ini calon konsumen dilihat dari kelas perekonomian,
konsumen yang cocok adalah semua jenis kalangan perekonomian baik kelas bawah,
menengah, sampai kelas atas karena harga ditawarkan untuk menikmati Bakso
Selera Rasa ini sangat “merakyat”.
b. Targeting
Target dari
owner Bakso Selera Rasa dalam memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar targer
dari Bakso Selera Rasa ini yaitu:
Ø Remaja mulai umur 12 tahun ke atas, remaja, dewasa,
dan lansia.
Ø Berbagai kalangan dari karakteristik pekerjaan apapun
Ø Penduduk asli Boyolali
Ø Wisatawan lokal maupun nonlokal
c. Positioning
Positioning
dari usaha Bakso Selera Rasa adalah dengan memberikan cita rasa makanan yang
khas dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas produk. Strategi
yang digunakan dalam penetapan bauran pemasaran yang tepat pada setiap segmen
pasar adalah melakukan promosi melalui banner, promosi melalui official account
instagram Bakso Selera Rasa untuk masing-masing outlet yaitu
@baksoserasimo_pusat, @baksosera_simo, dan @baksosera_sambi. Apalagi Bakso
Selera Rasa ini pernah didatangi oleh food-vlogger dan food-youtuber seperti
Farida Nurhan (Ngemplok by Omay) dan Anne Silenna sehingga membuat masyarakat
Boyolali maupun luar Boyolali penasaran akan kuliner ini.
2. Bauran Pemasaran
a. Produk
Bakso
Selera Rasa merupakan kuliner yang memiliki keunikan dan cita rasa yang khas. Inovasi sajian bakso
yang biasanya berbentuk bola daging dengan kuah bening di Kedau Bakso Sera ini
setiap bakso yang disuguhkan memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik.
Bakso Selera Rasa ini menyajikan bentuk bakso antimainstream misalnya
Gunung Merapi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DIY, yang sebagian ada di
wilayah Boyolali itu menginspirasi owner untuk membuat menu dengan nama yang
berkaitan dengan Gunung Merapi. Ada bakso berbentuk kerucut diberi nama bakso
tumpeng merapi. Kemudian berbentuk mangkok diberi nama bakso mangkok kawah
merapi. Ada juga bakso beranak lava dan lainnya. Juga ada bakso tumpeng monster
dan bakso tumpeng raksasa.
Gambar.3 Thumbnail
Youtube Anne Silenna tentang Bakso Sera Simo
Gambar.4 Salah satu
menu Bakso Sera yang bernama Tumpeng Merapi
b. Tempat
Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha Bakso Selera Rasa
adalah tempat keramaian dan bisa dilihat oleh masyarakat dan di pinggir jalan.
Untuk lokasi outlet pusat berlokasi Jalan Raya Simo - Bangak yang dekat dengan
Bandara Adi Sumarmo, lokasi outlet di Sambi berdekatan dengan obyek wisata
waduk Cenglik dan lokasi outlet cabang Simo berdekatan dengan obyek wisata
Lembah Gunung Madu. Sehingga dapat disimpulkan untuk lokasi ketiga outlet ini
dapat dikatakan sangat strategis.
Gambar.5 Gambaran
lokasi Bakso Sera Simo Pusat dari Google Maps (atas)
Gambar.6 Gambaran
lokasi Bakso Sera Sambi dari Google Maps
(tengah)
Gambar.7 Gambaran
tempat Bakso Sera cabang Simo (bawah)
c. Promosi
Promosi dalam usaha ini digunakan untuk memperkenalkan adanya
Bakso Selera Rasa. Owner dari Bakso Selera Rasa selalu meng-update foto bakso
agar menarik pelanggan dan di-upload di Media Sosial Bakso Selera Rasa sehingga
banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya.
Selain itu, kegiatan promosi yang bermanfaat untuk kemajuan
peningkatan usaha ini adalah dengan menggunakan sistem “gethok tular” dalam
istilah jawa yang berarti promosi yang dilakukan oleh konsumen sendiri, dimana
konsumen memberikan rekomendasi atas kuliner Bakso Selera Rasa, atau bisa juga
dalam istilah promosi dapat disebut sebagai word of mouth. Sehingga
secara tidak langsung promosi ini dilakukan oleh konsumen yang merasa puas akan
pelayanan yang telah diberikan sehingga membuat penasaran para calon konsumen
lain. Promosi lain dari konsumen yaitu konsumen sering mengadakan “jastip” atau
jasa titip dimana konsumen membelikan Bakso Selera Rasa untuk konsumen lain
yang tidak dapat datang secara langsung ke outlet dengan tambahan biaya kirim
tentunya. Selain itu, Bakso Selera Rasa juga sering memberikan diskon untuk
para pelanggan di hari-hari tertentu, misalnya saat Hari Kemerdekaan RI.
Gambar.8 Official
Instagram Account @baksoserasimo_pusat (kiri)
Gambar.9 Official
Instagram Account @baksosera_sambi (tengah)
Gambar.10 Promo Hari
Kemerdekaan dari Bakso Selera Rasa
d. Harga
Harga yang ditentukan
untuk Bakso Selera Rasa ini bervariasi. Harga seporsi bakso mulai dari Rp7.000
– 200.000. Harga Rp7.000 untuk bakso biasa, selanjutnya bakso tumpeng merapi
dan kuburan mantan memiliki harga Rp25.000. Sedangkan mi ayam sendiri dibandrol
harga mulai Rp7.000 – 20.000. Ada varian bakso seharga Rp200.000 yaitu bakso
super monster dengan berat 4 kg. Isinya ada bakso-bakso kecil di dalamnya yang
bisa dikonsumsi oleh 10 orang.
Gambar.11 Daftar Menu dan Harga Bakso Selera Rasa
e. Kemasan dan Penyajian
Penyajian makanan/minuman sangat kreatif. Contoh saja, varian bakso kuburan
mantan disajikan pada telenan dengan kuah yang terpisah, kemudian untuk setiap
bakso diguyur dengan saus sambal pedas yang menggugah selera. Plating (susunan makanan) sangat bagus, unik,
dan antimainstream yang cocok untuk orang yang suka mengambil foto
makanan/minuman sebelum mereka menikmatinya kemudian mereka mengunggahnya di
akun media sosial yang merupakan trik jitu pemasaran atau yang disebut
testimoni pelanggan.
Gambar.12 Penyajian beberapa varian Bakso Selera Rasa
3.
Sistem
Pelayanan
Seluruh pegawai Bakso Selera
Rasa dan juga pemiliknya memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan juga
kualitas cita rasa makanan yang dapat dipertanggungjawabkan menjadi kepuasan
tersendiri dan nilai plus bagi pelanggan.
Gambar.13
Proses pelayanan Bakso Selera Rasa
Gambar.14
Konsumen menikmati Bakso Selera Rasa
4.
Analisis
SWOT
a. Strenght
- Harga produk yang terjangkau.
- Platting dan penyajian
yang bagus
- Nama varian menu yang
beda dari yang lain (antimainstream)
-
Terdapat berbagai promo menarik
-
Tempat parkir luas
-
Fasilitas outlet cukup lengkap dari toilet hingga
mushola
-
Lokasi dekat dengan jalan raya sehingga cukup
strategis
-
Sudah didatangi oleh food-vlogger membuat
konsumen semakin banyak
b. Weakness
-
Pada
segi pemasaran di official instagram account, feed instagram masih biasa yang
berakibat followers di official instagram account Bakso Selera Rasa masih
sedikit, padahal promosi di media sosial sangat berpengaruh untuk masa saat
ini.
-
Outlet cabang
tidak seluas outlet pusat sehingga konsumen harus antri berjam-jam dan owner
harus menyewa rumah dekat outlet tersebut.
-
Untuk menu
tertentu seperti bakso monster harus pesan h-1 sebelum datang ke outlet
terlebih dahulu.
c. Opportunity
-
Membuka
cabang di tempat baru yang lebih luas.
-
Menarik
konsumen dengan penawaran khusus.
-
Membuat
inovasi menu yang lebih menarik.
d. Threat
-
Harga bahan
baku seperti cabai dan daging sapi yang tidak stabil
- Apabila tidak berinovasi tentang menu makanan maka akan tergerus oleh zaman dan akan muncul pesaing-pesaing baru.
5.
Kesimpulan
Dari analisis usaha kreatif di
atas, dapat disimpulkan bahwa Bakso Selera Rasa dinilai memiliki potensi yang
baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek pemasaran, antara lain (1) produk: menu
dari Bakso Selera Rasa dapat diterima oleh masyarakat dengan cita rasa yang
enak, (2) harga: strategi penentuan harga dinilai tepat dengan kondisi pasar di
daerah Boyolali dan sekitarnya dan harga yang terjangkau. Hal ini dapat dilihat
dari jumlah pembeli yang mencerminkan bahwa daya beli dan minat masyarakat
cukup tinggi, (3) lokasi: lokasi yang dipilih oleh owner sangat strategis
dengan tempat parkir yang luas.
0 Komentar