Advertisement

ANALISIS USAHA KREATIF BAKSO SELERA RASA (SERA) SIMO BOYOLALI





Gambar.1 Menu di Outlet Bakso Selera Rasa (kiri)

Gambar.2 Outlet Bakso Selera Rasa Simo Pusat (kanan)

 

A.    Deskripsi Usaha

Bakso Selera Rasa (disingkat: SERA) merupakan tempat kuliner yang menyuguhkan bakso dengan bentuk-bentuk unik dan ukuran yang super besar dan ekstra pedas sehingga cocok untuk memanjakan lidah bagi penyuka pedas.

Bakso Selera Rasa ini merupakan sebuah gagasan ide wirausaha kreatif dari Ibu Sudarmi dan anaknya, Sugiyanto. Ide kreatifnya dituangkan dalam sebuah kegiatan kewirausahaan yang sudah 3 tahun sudah dijalaninya. Selain memiliki bentuk yang unik, Bakso Sera ini memiliki nama-nama bakso yang unik dan antimainstream seperti bakso selimut tetangga, kawah merapi, bakso tumpeng monster, bakso rusuk iga, bakso cinta, bakso tumpeng merapi, hingga bakso kuburan mantan. Rumah makan ini sempat viral di media sosial dan didatangi oleh para food-vlogger dan youtuber terkenal seperti Farida Nurhan dan Anne Silenna karena bakso tumpeng merapi dan bakso kuburan mantan.

 

B.     Analisa Pasar

1.      Strategi

a.       Segmentasi

Ø  Faktor Geografis

Dari faktor geografis lokasi dari Bakso Sera di Boyolali terdapat 1 outlet pusat dan 2 outlet cabang di Kabupaten Boyolali yaitu :

1) Bakso Selera Rasa Simo Pusat : Jl. Bangak - Simo, Kebayanan 3, Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

2) Bakso Selera Rasa Sambi : Tempursari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

3) Bakso Selera Rasa Simo Cabang : Karangjati, Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali (Perempatan sebelum menuju Obyek Wisata Lembah Gunung Madu, Simo)

Berdasarkan lokasi outlet Bakso Selera Rasa ini dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar pada segi geografis memiliki segmentasi pasar yang baik dalam membangun usaha ini. Selain itu wilayah untuk pendirian usaha merupakan wilayah jalur perjalanan utama menuju ke Boyolali Kota, Kabupaten Sragen, Kabupaten Purwodadi, dan Kabupaten Grobogan.

Ø  Faktor Demografik

Segmentasi berdasarkan demografik dilihat dari karakteristik konsumen Bakso Selera Rasa sejauh ini masih terbatas oleh umur yaitu >12 tahun ke atas dan hanya kalangan penggemar pedas saja dikarenakan cita rasa “pedas gila” yang merupakan ciri khas Bakso Selera Rasa ini membuat penikmat makanan ini dapat dikatakan masih terbatas. Konsumen Bakso Selera Rasa bahkan tidak hanya dari penduduk asli Boyolali, melainkan dapat juga dari pelaku perjalanan yang melewati outlet ini.

Ø  Faktor Psikografik

Untuk faktor ini calon konsumen dilihat dari kelas perekonomian, konsumen yang cocok adalah semua jenis kalangan perekonomian baik kelas bawah, menengah, sampai kelas atas karena harga ditawarkan untuk menikmati Bakso Selera Rasa ini sangat “merakyat”.

b.      Targeting

      Target dari owner Bakso Selera Rasa dalam memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar targer dari Bakso Selera Rasa ini yaitu:

Ø  Remaja mulai umur 12 tahun ke atas, remaja, dewasa, dan lansia.

Ø  Berbagai kalangan dari karakteristik pekerjaan apapun

Ø  Penduduk asli Boyolali

Ø  Wisatawan lokal maupun nonlokal

c.       Positioning

      Positioning dari usaha Bakso Selera Rasa adalah dengan memberikan cita rasa makanan yang khas dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas produk. Strategi yang digunakan dalam penetapan bauran pemasaran yang tepat pada setiap segmen pasar adalah melakukan promosi melalui banner, promosi melalui official account instagram Bakso Selera Rasa untuk masing-masing outlet yaitu @baksoserasimo_pusat, @baksosera_simo, dan @baksosera_sambi. Apalagi Bakso Selera Rasa ini pernah didatangi oleh food-vlogger dan food-youtuber seperti Farida Nurhan (Ngemplok by Omay) dan Anne Silenna sehingga membuat masyarakat Boyolali maupun luar Boyolali penasaran akan kuliner ini.


 

2.      Bauran Pemasaran

a.       Produk

      Bakso Selera Rasa merupakan kuliner yang memiliki keunikan dan cita rasa yang khas. Inovasi sajian bakso yang biasanya berbentuk bola daging dengan kuah bening di Kedau Bakso Sera ini setiap bakso yang disuguhkan memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik. Bakso Selera Rasa ini menyajikan bentuk bakso antimainstream misalnya Gunung Merapi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DIY, yang sebagian ada di wilayah Boyolali itu menginspirasi owner untuk membuat menu dengan nama yang berkaitan dengan Gunung Merapi. Ada bakso berbentuk kerucut diberi nama bakso tumpeng merapi. Kemudian berbentuk mangkok diberi nama bakso mangkok kawah merapi. Ada juga bakso beranak lava dan lainnya. Juga ada bakso tumpeng monster dan bakso tumpeng raksasa.




Gambar.3 Thumbnail Youtube Anne Silenna tentang Bakso Sera Simo

Gambar.4 Salah satu menu Bakso Sera yang bernama Tumpeng Merapi

b.      Tempat

      Daerah yang dipilih sebagai tempat usaha Bakso Selera Rasa adalah tempat keramaian dan bisa dilihat oleh masyarakat dan di pinggir jalan. Untuk lokasi outlet pusat berlokasi Jalan Raya Simo - Bangak yang dekat dengan Bandara Adi Sumarmo, lokasi outlet di Sambi berdekatan dengan obyek wisata waduk Cenglik dan lokasi outlet cabang Simo berdekatan dengan obyek wisata Lembah Gunung Madu. Sehingga dapat disimpulkan untuk lokasi ketiga outlet ini dapat dikatakan sangat strategis.





Gambar.5 Gambaran lokasi Bakso Sera Simo Pusat dari Google Maps (atas)

Gambar.6 Gambaran lokasi Bakso Sera Sambi  dari Google Maps (tengah)

Gambar.7 Gambaran tempat Bakso Sera cabang Simo (bawah)

c.       Promosi

      Promosi dalam usaha ini digunakan untuk memperkenalkan adanya Bakso Selera Rasa. Owner dari Bakso Selera Rasa selalu meng-update foto bakso agar menarik pelanggan dan di-upload di Media Sosial Bakso Selera Rasa sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membelinya.

      Selain itu, kegiatan promosi yang bermanfaat untuk kemajuan peningkatan usaha ini adalah dengan menggunakan sistem “gethok tular” dalam istilah jawa yang berarti promosi yang dilakukan oleh konsumen sendiri, dimana konsumen memberikan rekomendasi atas kuliner Bakso Selera Rasa, atau bisa juga dalam istilah promosi dapat disebut sebagai word of mouth. Sehingga secara tidak langsung promosi ini dilakukan oleh konsumen yang merasa puas akan pelayanan yang telah diberikan sehingga membuat penasaran para calon konsumen lain. Promosi lain dari konsumen yaitu konsumen sering mengadakan “jastip” atau jasa titip dimana konsumen membelikan Bakso Selera Rasa untuk konsumen lain yang tidak dapat datang secara langsung ke outlet dengan tambahan biaya kirim tentunya. Selain itu, Bakso Selera Rasa juga sering memberikan diskon untuk para pelanggan di hari-hari tertentu, misalnya saat Hari Kemerdekaan RI.





Gambar.8 Official Instagram Account @baksoserasimo_pusat (kiri)

Gambar.9 Official Instagram Account @baksosera_sambi (tengah)

Gambar.10 Promo Hari Kemerdekaan dari Bakso Selera Rasa

 

d.      Harga

Harga yang ditentukan untuk Bakso Selera Rasa ini bervariasi. Harga seporsi bakso mulai dari Rp7.000 – 200.000. Harga Rp7.000 untuk bakso biasa, selanjutnya bakso tumpeng merapi dan kuburan mantan memiliki harga Rp25.000. Sedangkan mi ayam sendiri dibandrol harga mulai Rp7.000 – 20.000. Ada varian bakso seharga Rp200.000 yaitu bakso super monster dengan berat 4 kg. Isinya ada bakso-bakso kecil di dalamnya yang bisa dikonsumsi oleh 10 orang.



Gambar.11 Daftar Menu dan Harga Bakso Selera Rasa

e.       Kemasan dan Penyajian

Penyajian makanan/minuman sangat kreatif. Contoh saja, varian bakso kuburan mantan disajikan pada telenan dengan kuah yang terpisah, kemudian untuk setiap bakso diguyur dengan saus sambal pedas yang menggugah selera.   Plating (susunan makanan) sangat bagus, unik, dan antimainstream yang cocok untuk orang yang suka mengambil foto makanan/minuman sebelum mereka menikmatinya kemudian mereka mengunggahnya di akun media sosial yang merupakan trik jitu pemasaran atau yang disebut testimoni pelanggan.



Gambar.12 Penyajian beberapa varian Bakso Selera Rasa

3.      Sistem Pelayanan

Seluruh pegawai Bakso Selera Rasa dan juga pemiliknya memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan juga kualitas cita rasa makanan yang dapat dipertanggungjawabkan menjadi kepuasan tersendiri dan nilai plus bagi pelanggan.




Gambar.13 Proses pelayanan Bakso Selera Rasa

Gambar.14 Konsumen menikmati Bakso Selera Rasa

 

4.      Analisis SWOT

a. Strenght

-     Harga produk yang terjangkau.

-     Platting dan penyajian yang bagus

-     Nama varian menu yang beda dari yang lain (antimainstream)

-     Terdapat berbagai promo menarik

-     Tempat parkir luas

-     Fasilitas outlet cukup lengkap dari toilet hingga mushola

-     Lokasi dekat dengan jalan raya sehingga cukup strategis

-     Sudah didatangi oleh food-vlogger membuat konsumen semakin banyak

b. Weakness

-     Pada segi pemasaran di official instagram account, feed instagram masih biasa yang berakibat followers di official instagram account Bakso Selera Rasa masih sedikit, padahal promosi di media sosial sangat berpengaruh untuk masa saat ini.

-     Outlet cabang tidak seluas outlet pusat sehingga konsumen harus antri berjam-jam dan owner harus menyewa rumah dekat outlet tersebut.

-     Untuk menu tertentu seperti bakso monster harus pesan h-1 sebelum datang ke outlet terlebih dahulu.

c. Opportunity

-     Membuka cabang di tempat baru yang lebih luas.

-     Menarik konsumen dengan penawaran khusus.

-     Membuat inovasi menu yang lebih menarik.

d. Threat

-     Harga bahan baku seperti cabai dan daging sapi yang tidak stabil

-     Apabila tidak berinovasi tentang menu makanan maka akan tergerus oleh zaman dan akan muncul pesaing-pesaing baru.

5.      Kesimpulan

      Dari analisis usaha kreatif di atas, dapat disimpulkan bahwa Bakso Selera Rasa dinilai memiliki potensi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek pemasaran, antara lain (1) produk: menu dari Bakso Selera Rasa dapat diterima oleh masyarakat dengan cita rasa yang enak, (2) harga: strategi penentuan harga dinilai tepat dengan kondisi pasar di daerah Boyolali dan sekitarnya dan harga yang terjangkau. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pembeli yang mencerminkan bahwa daya beli dan minat masyarakat cukup tinggi, (3) lokasi: lokasi yang dipilih oleh owner sangat strategis dengan tempat parkir yang luas.

Posting Komentar

0 Komentar