Advertisement

SOAL JAWAB MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

 1. Jelaskan ciri-ciri SDM yang baik !

a. Tekun

ðSeseorang atau sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk memfokuskan pada sesuatu yang sedang mereka kerjakan

b. Memiliki Akhlak yang baik

ðSumber daya manusia yang memiliki akhlak yang baik memiliki dasar yang kuat untuk perkembangan suatu perusahaan baik itu usaha kecil maupun besar, karena mereka akan senantiasa memberikan loyalitas mereka yang terbaik untuk perusahaan, bagi mereka perusahaan adalah sumber penghasilan mereka sehari-hari dengan demikian mereka akan senantiasa menjaga semaksimal mungkin perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik.

c. Ulet

ðSeseorang yang tidak mudah putus asa. Jadi jika menemukan kesulitan / masalah dalam pekerjaanya mereka akan mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan diiringi dengan ketekunan yang ada dalam dirinya.

d. Kreatif dan Inovatif

ðSenantiasa untuk mencari ide pemikiran / hal yang baru tentu saja sesuatu hal yang baru itu yang positif untuk kemajuan suatu perusahaan, mereka tidak cepat puas dengan apa yang mereka capai.

e. Memiliki Sifat yang jujur

ðKejujuran yang ada diperusahaan bagi sumber daya manusia contohnya harus memauhi aturan-aturan yang ada pada perusahaan tersebut. Namun juga harus jujur dengan kemampuan mereka sendiri .seorang sumberdaya manusia yang memiliki kejujuran atas perkerjaan yang dia lakukan maka hal tersebut akan memberikan dampak positif pada hasil yang mereka kerjakan sesuai dengan bidang nya

f. Loyalitas

ðPengabdian penting bagi sumber daya manusia untuk loyalitsnya terhadap perusahaan. Seorang yang unggul wajib memiliki sifat loyalitas terhadap perusaaan yang didedikasikan terhadap tugas dan tanggung jawab mereka terhadap perusahaan dimana mereka harus memiliki visi yang baik kedepanya untuk perusahaan.

 

2. Jelaskan mengapa seorang manajer harus mempunyai berbagai kompetensi di semua bidang !

Dalam organisasi atau perusahaan haruslah ada seseorang yang dapat memimpin, mendorong, dan menjadi panutan anak buahnya. Pemimpin atau manajer ini merupakan sosok yang bekerja melalui orang lain untuk mencapai apa yang menjadi visi dan misi perusahaan/organisasi dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada dalam organisasinya. karena peran utama seorang manajer adalah untuk memimpin, memotivasi, dan mendorong karyawan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan organiasi, maka setiap manajer harus memiliki ketrampilan dasar di bidang manajemen bisnis agar dapat mengelola timnya secara efektif. Untuk dapat meraih apa yang menjadi tujuan perusahaan/organisasi, seorang manajer harus mampu merencanakan, mengatur, dan mengendalikan sumber daya yang ada, termasuk sumber daya manusia. Sehingga penting bagi seorang manajer untuk memiliki skill dan kualitas yang mumpuni agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.

 

3. Jelaskan kesalahan-kesalahan dalam proses wawancara !

a. Halo Effect

ð Kesalahan ini terjadi bila pewawancara menggunakan informasi terbatas tentang pelamar untuk berprasangka dalam evaluasi terhadap karakteristik-karakteristik lain pelamar. Contoh, seorang pelamar yang mempunyai senyuman menarik (apalagi kalau cantik atau ganteng) dan simpatik diperlakukan sebagai calon unggul sebelum wawancara dimulai.

b. Leading Questions

ð Kesalahan ini akibat pewawancara mengirimkan “telegram” jawaban yang diinginkan dengan cara memberi arah pertanyaan-pertanyaan wawancara. Contoh, “apakah saudara setuju bahwa laba adalah penting?”; “apakah saudara akan menyenangi pekerjaan ini?”.

c. Personal Biases

ð Kesalahan ini merupakan hasil prasangka pribadi pewawancara terhadap kelompok-kelompok tertentu. Contoh, “saya lebih menyukai personalia penjualan yang berbadan tinggi”; “ada pekerjaan yang hanya pantas untuk pria dan ada pekerjaan yang hanya pantas untuk wanita”.

d. Dominasi Pewawancara

ð Kesalahan ini akibat pewawancara menggunakan waktu wawancara untuk “membual” kepada pelamar, menyombongkan keberhasilan, atau melakukan percakapan sosial.

4. Jelaskan urutan proses wawancara dengan benar !

a. Wawancara HRD

ð Wawancara HRD pada umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mengenal kandidat yang dipanggil. Pertanyaan pada wawancara tahap ini biasanya berkutat dengan pengenalan diri, pengalaman bekerja sebelumnya, dan gambaran tentang masa depan diri Anda sendiri dilihat dari pandangan sang kandidat. Selain itu wawancara HRD menekankan sang kandidat untuk menjelaskan apa yang dia tulis di CV yang telah dikirimkan kepada pihak perusahaan. Walaupun terdengar sangat mudah karena hanya mengulas mengenai diri sendiri, Anda harus tetap menguasai pengetahuan mengenai perusahaan karena mungkin saja pertanyaan-pertanyaan perihal hal tersebut ditanyakan pada tahapan wawancara kerja ini.

b. Interview User

ð Tahapan ini biasanya dilakukan beberapa minggu setelah wawancara HRD jika sang kandidat dinyatakan lolos. User biasanya adalah atasan atau ketua divisi yang akan mengatur dan memanage semua hal yang bersangkutan dengan pekerjaan Anda. User dapat berupa seorang Supervisor, Manager, Assistan Manager atau bahkan seorang Direksi. Hal ini tergantung pada posisi yang dilamar di perusahaan tersebut. Tahapan wawancara kerja yang dilakukan dengan user biasanya mengulas masalah mengenai hal-hal teknis yang bersangkutan dengan pekerjaan Anda nantinya dan bagaimana pengalaman yang dimiliki bisa relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Selain itu thapan ini biasanya menguji kandidat dengan pertanyaan yang bersifat analisa dan yang memerlukan kemampuan khusus.

 

5. Jelaskan macam bentuk atau cara dalam saluran penarikan karyawan ! Berikan contoh yang paling efektif dan efisien !

a. Berasal dari Referensi Karyawan

ð Perekrutan melalui referensi karawan merupakan saluran  perekrutan terbaik. Karyawan yang memberi referensi pastilah akan mereferensikan orang yang benar-benar memiliki pendidikan, pengetahuan dan kemampuan sesuai dengan posisi kosong yang ada. Pemberi referensi pasti tidak berani merekomendasikan sembarang orang karena menyangkut langsung dengan pemberi rekomendasi.

b. Website Perusahaan

ð Cantumkan beberapa keuntungan bekerja di perusahaan anda seperti kaji yang memadai, jenjang karir yang jelas, lingkungan kerja yang baik dan lain sebagainya.

c. Perekrutan Melalui Sosial Media

ð Bila dilakukan dengan benar perekrutan melalui sosial media bisa menarik kandidat yang qualified. Cara ini memungkinkan anda mendapatkan karyawan yang tepat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya seperti pada proses perekrutan konvensional.

d. Membuka Lowongan Kerja di Internet

ð Fakta baru menujukan bahwa 74 persen karyawan siap pindah kerja bila ada lowongan baru yang cocok dan sesuai dengan kriteria yang diinginkannya. Mereka ini bahkan secara rutin membuka internet untuk mencari lowongan kerja.

e. Rekruitmet Secara Internal

ð dalam rekrutmen internal kita memperhatikan karyawan kita dan mencari kira-kira siapa yang cocok untuk mengisis kekosongan posisi yang ada.

 

f. Menggunakan agen tenaga kerja

ð Ada dua macam agen tenaga kerja yaitu agen tenaga kerja yang kita sewa bulanan untuk memastikan semua posisi terpenuhi atau kita menyewa agen tenaga kerja ketika perusahaan ada posisi yang lowong.

g. Rekrutmen melalui kampus

ð Ada banyak cara untuk melakukan perekrutan di kampus. Beberapa cara tersebut meliputi: interview melalui telpon, video call, interview di kampus secara langsung, pameran kerja atau anda bisa melisting lowongan yang tersedia di website kampus secara langsung. Perlu diingat bahwa perekrutan di kampus adalah cara yang tepat untuk mendapat karyawan dengan gaji uang tidak terlalu mahal.

h. Menggunakan ATS

ð ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah aplikasi atau software yang bisa membantu perusahaan untuk memproses aplikasi kerja dan langsung melakukan proses perekrutan. Dengan informasi yang tersedia kita bisa melakukan test, menyeleksi dan melakukan interview. Dengan alat ini kita juga bisa mengecek referensi, pencocokan ketrampilan, pengiriman pesan secara otomasis dan masih banyak lagi lainya.

i. Melakukan Rekrutmen Melalui Video Call

ð Perekrutan seperti ini biasanya disukai oleh kalangan muda. Perekrutan melalui video juga bisa memberikan banyak keuntungan karena kita bisa memperhatikan sikap dan bahasa tubuh pencari kerja. Kita juga bisa memperhatikan aspek emosi dari calon karawan baru.

j. Koran dan Jurnal Perdagangan.

ð Untuk mendapatkan karyawan baru anda bisa memasang iklan di koran baik Koran lokal maupun nasional. Perusahaan industri berat, jasa pelayanan dan posisi mekanik bisa dengan mudah mendapatkan karyawan baru dengan memasang iklan di koran-koran yang ada.

Contoh yang paling efektif dan efisien adalah melalui sosial media, karena di era teknologi yang semakin pesat seperti jaman sekarang ini, para pencari kerja lebih menggunakan waktunya untuk mencari pekerjaan di media sosial karena biaya yang sangat murah dan lebih efektif dan efisien.

 

6. Jelaskan keuntungan dan kerugian dari rekruitmen internal dan eksternal ! Dan kapan digunakan !

Rekrutmen Internal adalah rekrutmen tenaga kerja menggunakan sumber dari dalam dengan tujuan meningkatkan morale atau semangat tenaga kerja yang sudah ada, menjaga kesetiaan pegawai, memberi motivasi kerja pada pegawai dan memberi penghargaan atas  prestasi pegawai.

Keuntungan

Kerugian

Lowongan cepat terisi

Penyesuaian diri cepat

Meningkatkan semangat kerja pegawai

Menumbuhkan komitmen

Menekan biaya proses rekrutmen

Mengurangi biaya orientasi dan pelatihan

Pekerja sudah memahami secara baik kebijakan, prosedur, ketentuan dan kebiasaan organisasi

Pengembangan karier jelas

Tidak selalu memberikan perspektif baru.

Pekerja yang di promosikan akrab dengan bawahannya sehingga sulit menjalankan kewenangan dan kekuasaannya.

Menghambat gagasan baru.

Dapat menimbulkan konflik bila penempatan salah.

Karakter yang tidak baik akan tetap terbawa.

Adanya kemungkinan promosi karyawan melebihi kapabilitas.

Menghambat kreatifitas dan inovasi.

 

Rekrutmen Eksternal : yaitu perekrutan yang para pelamarnya berasal dari luar perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan atau para pencari kerja.

Keuntungan

Kerugian

Kewibawaan pejabat relatif baik

Kemungkinan membawa sistem kerja baru yang lebih baik

Memperhatikan spesifikasi pengalaman

Prestasi karyawan lama cenderung tu run, karena tidak ada kesempatan untuk promosi

Biaya perekrutan besar, karena iklan dan seleksi

Waktu perekrutan relatif lama

Orientasi dan induksi harus dilakukan

Turnover cenderung akan meningkat

Perilaku dan loyalitasnya belum diketahui

 

7. Apa yang dimaksud job description dan job specification?

ð Job description atau uraian jabatan atau gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas. Uraian ini berisi gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh pemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan-alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antara suatu posisi tertentu dan posisi lainnya di luar lingkup pekerjaannya dan di luar organisasi (eksternal) untuk mencapai tujuan unit kerja dan perusahaan secara luas.

ð Job Spesification adalah spesifikasi jabatan yang merupakan suatu uraian tertulis tentang tentang latar belakang pendidikan, pengalaman, kemampuan dan kompetensi atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki sebelum mengisi jabatan tertentu sehingga dapat berfungsi dengan efektif. Job specification disebut juga dengan Hiring Spesification dan biasanya dijadikan informasi dasar untuk memulai proses rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan. Job specification sangat berguna dalam mencocokkan seseorang dengan posisi atau jabatan tertentu, dan mengidentifikasi pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan.

 

8. Sebutkan langkah-langkah seleksi karyawan !

Seleksi surat lamaran

Pengisian blanko lamaran

Pemeriksaan referensi

Wawancara pendahuluan

Tes penerimaan (physical test, knowledge test, dan physchological test)

Tes psikologis (kecerdasan, kepribadian, bakat, minat, prestasi)

Tes kesehatan

Wawancara akhir dengan atasan langsung

Keputusan diterima atau ditolak

 

9. Apa kegunaan langkah feedback dalam seleksi karyawan?

Untuk mengetahui informasi tentang kepuasan karyawan, perputaran dan absensi, prestasi kerja, kegiatan serikat kerja, atau sikap penyelia dengan memberikan pertanyaan tertentu untuk memberikan umpan balik tentang karyawan baru dan proses seleksi.

Posting Komentar

0 Komentar